Apa Ciri Khas Bisnis Masa Kini?

12 05 2007

Apa yang sebenarnya jadi pemicu bagi perusahaan-perusahaan hebat? Di jaman dan lingkungan yang kadang tidak dapat diduga kompleksitasnya, serangkaian penjelasan berikut preskripsi tradisional tidaklah lagi memadai. Kini, untuk menjadi bisnis berkinerja tinggi, diperlukan suatu kerangka kerja pemahaman dan satu set perangkat praktis yang berisi kemampuan memberi beragam solusi.

Sewaktu menyatakan bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari — bukan sebaliknya, Copernicus dan Galileo tidak meminta peneliti sejawat memperhatikan data baru. Yang mereka usulkan adalah melihat dari kerangka kerja yang berbeda dalam memahami informasi yang telah dianut berabad-abad sebelumnya.

Hipotesis mereka bertujuan mengganti pandangan kuno dan terhormat tentang dunia. Walau dihadang para antiperubahan, teori baru ini akhirnya menang karena memberi penjelasan yang lebih baik atas fenomena yang terjadi.

Ditarik ke masa sekarang, tepatnya masa booming ekonomi global, kondisinya tak berbeda: banyak pengamat menganggap dirinya telah menemukan kerangka kerja yang baru untuk memahami perubahaan bisnis.
Asumsi-asumsi dasar tentang revolusi e-commerce yang mereka sarankan merupakan paradigma yang bukan saja terhitung anyar, tapi juga lebih baik untuk memahami bisnis-bisnis berkinerja tinggi. Namun, saat ini, mungkin saja para pencetus ide kepercayaan baru tersebut berbalik arah karena menyadari bahwa kesuksesan perusahaan merupakan hasil dari faktor-faktor yang selama ini dipergunakan. Apa artinya? Perusahaan harus selalu mampu menangkap perubahan-perubahan yang bakal terjadi, atau paling tidak yang sedang terjadi. Pernyataan klise, memang, tapi apakah orang-orang tersebut memahami?

Berdasarkan pengamatan, Accenture menemukan bahwa perubahan telah terjadi tetapi bukan melalui penjelasan tradisional ataupun pandangan-pandangan e-revolusi yang mendasari pemahaman bisnis masa kini. Kita tidak melihat bahwa situasi bisnis akan kembali seperti kondisi pra-booming; kondisi masa kini terdiri dari lingkungan struktur operasional yang sama sekali berbeda dari konsekuensi jangka panjang yang sulit diprediksi perusahaan global. Di samping itu, kita juga melihat absennya kerangka kerja praktis berorientasi pada solusi untuk membantu perusahaan-perusahaan mengarah pada kinerja tinggi di era yang kompleks ini.

Lingkungan Berubah Dramatis.
Berdasarkan penelitian, Accenture mengidentifikasi sejumlah ciri yang mendasari era bisnis global terkini:

  • Skala dan kompleksitas organisasi yang meningkat, dengan pelepasan aset secara besar-besaran, struktur pelaporan yang semakin kompleks (coba pikirkan: berapa atasan langsung Anda sekarang?), dan meningkatnya tegangan antara pengendalian dan fleksibilitas.
  • Merebaknya teknologi berbiaya rendah yang menciptakan kesempatan bagi lingkungan teknologi yang selalu hidup, selalu aktif dan selalu sadar.
  • Munculnya kembali geopolitik yang termanifestasi dalam bentuk tindakan-tindakan antiglobalisasi yang berdampak signifikan pada strategi bisnis global.
  • Peningkatan ketidakpastian dari akselerasi keuangan, siklus teknologi, dan juga dari kejadian-kejadian tak terprediksi seperti terorisme.
  • Pengawasan yang ketat dari pasar keuangan, badan regulasi dan publik yang mengamati dengan seksama setiap aspek kinerja keuangan dan operasional perusahaan.
  • Peranan baru untuk pengetahuan dan aset nonfisik (intangible) yang berasal dari era ekonomi baru di mana merek, kekayaan intelektual, reputasi, loyalitas dan, mungkin yang terpenting, komitmen terhadap inovasi menjadi senjata inti daya kompetitif perusahaan.
  • Perubahan alami para pekerja dengan pengembangan kapabilitas baru, juga tantangan motivasional dan retensi bagi pemberi kerja.

Walau belum tentu setiap perusahaan mengalami perubahan di atas, paling tidak mereka merasakan bahwa beberapa ciri di atas terefleksi di dalam kehidupan organisasi.

Kode Genetik Kinerja Tinggi.
Kode Genetik Kinerja Tinggi merupakan istilah Accenture untuk karakteristik- karakteristik budaya perusahaan yang memberi kemampuan superior untuk:

  • Mengantisipasi dan membentuk perubahan nilai-nilai pelanggan. Sentralitas pelanggan di dalam operasionalisasi kode genetik berkinerja tinggi sangat eksplisit. Kode genetik ini menciptakan budaya kedekatan dengan pelanggan yang sangat responsif dan aktif.
  • Mengakselerasi insight menjadi tindakan. Perusahaan berkinerja tinggi menggunakan insight yang muncul dari keterkaitan bisnis dengan pelanggan. Percampuran insight yang mereka miliki merupakan kombinasi antara informasi nyata dan inteligensia yang telah dipilah dan diinterpretasi. Aplikasinya, mereka memiliki struktur-struktur pembuat keputusan yang baik, selalu ingin bertindak dan memiliki rasa ketepatan waktu. Wewenang mengeksekusi sangat terdistribusi. Mereka merangkul “deliberate stretch“ mau menjangkau lebih jauh, dengan penekanan pada eksperimentasi dan belajar dari pengalaman.
  • Memberdayakan kekuatan dan kapabilitas kolektif organisasi. Perusahaan berkinerja tinggi menyusun kepemimpinan efektif secara mendalam. Mereka memiliki strategi yang jelas dan teknologi untuk memaksimalkan produktivitas tenaga kerja. Mereka juga memiliki catatan mengelola perubahan skala besar dengan sukses.
  • Mengelola masa kini dan mendatang. Fokus berganda pada 5 kuartal dan 5-7 tahun hasil keuangan membuat organisasi tetap menapak pada realitas masa kini. Membuat investasi untuk bisnis masa depan memberi peluang mengubah nilai-nilai yang tidak lagi seiring dengan tuntutan zaman.

Dengan kemampuan memahami perubahan situasi bisnis dan mementingkan dualitas pada masa kini dan mendatang, perusahaan akan memahami potensi menghasilkan kinerja tinggi.

Inge Linggo, Associate Partner, industri produk dari Accenture — konsultan manajemen dan teknologi serta pengelola alih daya. (swa)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: