Obrolan Ibu-Ibu tentang IPDN

12 05 2007

Suatu sore di sebuah kampung di bilangan Jatinegara, sekelompok ibu- ibu berkerumun sedang belanja sayur sambil ngobrol seru, nampak wajah mereka sangat serius.

Asyik sekali.. pikir saya pasti sedang ngegosipin artis sinetron. Namun dilihat dari raut mukanya tampaknya mereka kesal sekali, diam-diam saya mendekat bukan maksud mau nguping tetapi penasaran aja dengan tema yang sedang dibicarakan.

Ooh.. aku baru tau nampaknya mereka sedang ngobrolin tayangan berita sebuah stasiun TV tentang kasus penganiayaan di IPDN. Berikut sedikit petikan pembicaraan yang seru dan meledak-ledak dari para “pengamat berita” ini….

” tuh kan apa gue bilang IPDN itu, Institut Penganiayaan Dalam Negeri… !” masak anak orang dihabisin hanya gara-gara telat datang ke acara yang nggak jelas, dasar gak tau diri !”.

” Bukan nyak tapi IPDN itu, Institut Pembantaian Dalam Negeri..!” sahut ibu penjual sayur tak mau kalah.

“Kalo nurut saya sih masih jadi pelajar aja kayak gitu ntar kalo udah jadi pejabat pasti jadi diktator, makanya IPDN itu, Institut Pengkaderan Diktator Negara..!” seru ibu yang sedari tadi bolak balikin sayur bayam. ”

“Betul juga jeng Neni tapi saya paling gak suka sama kelakuan mereka yang suka maen keroyok kalo berani kenapa gak satu lawan satu tuh kayak di pilem koboy makanya dinamain aja IPDN, Institut Paling Demen Ngeroyok..!!” seru ibu gendut itu gemas sambil membanting labu siam diantara sayur yang makin berserakan.

“Iya betul tuh sekalian aja dinamain IPDN, Ikatan Praja Doyan Nonjok …!” sambar bu RT sambil bersungut-sungut.

“IPDN, Injak Pukul Dorong Nah … mati..!! celetuk ibu bertubuh kerempeng itu sambil praktekkan gaya silatnya. “Inginnya Pendidikan Dapetnya Nisan nah itulah IPDN kasihan orang tua yang udah susah payah kirim anaknya kesana pulang-pulang bikin batu nisan… !!” tukas bu Neni makin kesal.

“Yang kayak gini neh pasti kerjaan para pejabat yang gak punya tanggung jawab dan wawasan kebangsaan, mestinya kan mereka sebagai pengontrol dan pengawas tetapi kenapa korban udah berjatuhan kayak gini kok didiemiin aja dari dulu, kayaknya sih sengaja biar budaya pejabat junior harus takut dengan senior tetap hidup, kan ntar gampang diajak kongkalikong kali ya ? namanya juga IPDN, Ideologi Pejabat Durjana Negara”, sahut ibu setengah baya berkerudung itu.

“Yah IPDN, Inilah Pendidikan Dalam Negeri kita.. pantas aja korupsi gak habis-habis wong mentalnya aja udah kayak mafia.

Tiba-tiba nenek tua yang sedari tadi diam saja tergopoh-gopoh keluar dari kerumunan menuju kearah rumah bu RT, sambil iseng saya pun bertanya, “nek kalo menurut nenek IPDN itu apa ?”. Nenek itu melotot kesal kearahku sambil berteriak, “Ingin Pipis Dulu Nak …!!”. Ups..! wajahku memerah sambil nyengir gue ngaciir….

BANDUNG, DEDE SUJANA


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: