Teka-teki Kehidupan Sang Maharaja

12 05 2007

[Buat Yang Lagi Kurang Kerjaan]

Di zaman yang tak bisa disebutkan kapannya, ada Maharaja Yang Sangat Kaya Raya. Saking kaya rayanya, si Maharaja menjadi gundah gulana dengan semua kekayaannya. Baginya, semua kekayaan itu nampak menjadi tidak berharga. Kadang-kadang, ia malah mencium bau tak enak dari semua bentuk kekayaannya itu. Mulai dari bau ee, bau amis ikan, bau minyak si nyong-nyong, sampai bau-bauan yang nggak jelas juntrungannya.

Iapun akhirnya menjadi nampak bete sekali. Dalam kebeteannya itulah ia tiba-tiba mempunyai gagasan yang nyleneh untuk membuat suatu teka teki (TKTQ) Tentang kehidupan. TKTQ itu ia buat sedemikian rupa sehingga bagi yang akan mampu memecahkannya akan menemukan Nama Keseratus dari Nama Yang Maha Tinggi yang hanya bisa diucapkan dengan kesucimurnian dari akal pikiran dan hati dari yang memecahkan teka teki itu.

Dengan Nama Yang Maha Tinggi itu maka siapapun yang menyebutkan NamaNya dengan benar akan memperoleh baroqah yang nilainya setara dengan Harta Kekayaan Sang Maharaja.

Selain itu, bagi siapapun yang mampu memecahkan TKTQ itu maka ia secara otomatis akan melompat ke alam yang tak terbayangkan, alam dimensi 11 yang sampai hari inipun masih dicari-cari oleh orang-orang pandai di seluruh penjuru jagat raya dengan harapan bisa masuk kesana. Tanpa pikir panjang, dengan Pena Ajaibnya yang diberi gelar “Light Sabre”, Sang Maharaja pun menuliskan TKTQ nya yang diberinya Judul “Teka Teki Kehidupan”. Begini teka tekinya:
Sebuah rumah mempunyai empat buah kamar dengan sepuluh pintu. Empat pintu menghubungkan bagian dalam ruang di dalam rumah, enam pintu menghubungkan bagian luar rumah dengan bagian dalamnya.

  • Bagaimanakah cara membuat denah rumah itu dengan jumlah kamar ada empat dan jumlah pintu ada sepuluh buah?
  • Bagaimanakah caranya seseorang dapat melalui kesepuluh pintu itu dengan hanya melalui satu kali untuk setiap pintu yang ada dalam sekali jalan, mulai dari pintu masuk sampai pintu keluar?
  • Berapa sebenarnya jalan yang bisa dilalui oleh seseorang untuk melewati ke sepuluh pintu itu dengan hanya sekali jalan saja untuk setiap pintu?
  • Sebutkan urutan nomor pintu yang harus dilalui mulai dari pintu masuk sampai pintu keluar?
  • Berapa banyak jalan yang mungkin dilalui selain jalan yang disebutkan dari pertanyaan kedua?
  • Sebenarnya berapakah jumlah pintunya?
  • Dimanakah sebenarnya lokasi rumah itu?
  • Apa nama rumah itu?
  • Lantas, siapakah pemilik rumah itu?
  • Dan terakhir, siapakah penghuninya?

Selama beribu-ribu tahun, TKTQ Sang Maharaja mendapatkan berbagai tanggapan dari berbagai makhluk yang ada di kerajaan Si Maharaja. Peserta TKTQ pun bermacam-macam mulai dari makhluk berjenis cahaya, api, air, tanah, udara, gas berbau maupun yang tidak berbau, maupun makhluk campuran yang asal muasalnya dari tanah liat yang digarang oleh api. Dari yang mulai dinamai sebagai malaikat, iblis, setan, wewe gombel, kolong wewe, merkayangan, kadal, naga, komodo, ular, laba-laba, lebah, laler ijo, babi, anjing, kecoa, kutu busuk, kutu buku, dan berbagai binatang lainnya sampai manusia dengan berbagai rupa warna kulit dan bentuk tubuh mulai dari phytecanthrpus erectus, manusia neanderthal, hominid, manusia flores, manusia mdoern, baik yang kaya, miskin, lelaki, wanita, anak-anak, dewasa, kakek kakek, nenek-nenek, bencong, homoseks, lesbian, filsuf, kaum arifin, ilmuwan, sastrawan, prajurit, pahlawan, dukun, tukang sihir, tukang tenung, tukang tipu, pendongeng, koruptor, maling, copet, bajak laut, petani, nelayan, pedagang, ahli bangunan, nakoda kapal, budak, tuan, majikan, pembantu, yang biasa saja, yang indigo, yang cerdas, yang jenius, dan berbagai rupa manusia lainnya dari berbagai latar belakang karakter, profesi maupun bangsa. Bahkan, tidak jarang hanya karena ngotot mencari jawaban teka teki itu, berbagai makhluk telah melakukan perdamaian, percintaan, peperangan, penipuan, penyalahgunaan wewenang, dan tingkah polah terpuji maupun tercela lainnya, yang korbannya kalau dikalkulasikan di masa kini benar-benar sangat buanyakk sekali. Meskipun dampaknya nampak mengerikan bagi manusia, bagi Si Maharaja semua itu tidak ada harganya. Lha, wong yang jadi peserta adalah para penghuni kerajaannya sendiri, yang berhutang semua kepadanya. Baginya, semuanya hanya test case untuk melihat Kemahaagungan dan Kemahaindahannya Sendiri. Sifat dan karakter Si Maharaja memang misterius. Sama misteriusnya dengan semua penghuni kerajaannya yang luasnya tak terhitung itu.

Namun, sepanjang sejarah yang telah dikenal oleh penghuni kerajaan Si Maharaja, baru dua makhluk saja yang dapat menjawab TKTQ Maharaja dengan mendekati kebenaran.

Makhluk pertama berasal dari kalangan manusia. Namanya pun sangat aneh yaitu TABIBA JUHA (TABIB IDIOT), seseorang yang sebenarnya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang muncul di kalangan kaumnya. Namun, lama kelamaan, karena karakter si Tabib yang rada aneh, namanya pun seringkali membuat orang keliru menilai dirinya karena dikiranya ia Tabib yang Idiot, padahal ia Tabib yang mengobati orang-orang idiot. Begitulah, namanya juga nama-nama dan kata-kata yang suka diucapkan dengan lidah tak bertulang, orang pun seringkali salah menyebutkan namanya maupun salah mengartikan dirinya, apalagi memahami karakternya yang eksentrik.

Makhluk kedua berasal dari kelompok binatang yang mempunyai ketangguhan untuk menempuh perjalanan panjang di kawasan yang panas terik dan berpasir, namanya UNTA. Akan tetapi, kedua tokoh yang pernah mendekati kebenaran menjawab TKTQ Maharaja ini malah tidak mau ketika ditawarkan kepadanya untuk menyebutkan Nama Yang Maha Tinggi yang bisa membuat si Tabib dan Si Unta ini Kayaraya, bahkan dibolehkan untuk memiliki Kerajaan Si Maharaja sebagai hadiah.

Entah kenapa, si Tabib lebih memilih cara hidupnya sendiri dan si Unta juga demikian. Walhasil, karena Kemahapemurahan Sang Maharaja, maka kedua tokoh inipun akhirnya dipindahkan ke wilayah dalam. Selain itu, kedua tokoh itu bebas keluar masuk seluruh wilayah kerajaan tanpa perlu pemeriksaan lagi, termasuk memasuki Wilayah Terlarang yaitu alam dimensi 11 yang misterius.

Nah, tugas Anda, para pembaca yang tertarik dengan TKTQ diatas adalah menjawab pertanyaan TKTQ Kehidupan dari Si Maharaja yang masih menggantung sampai hari ini. Hadiah dari Si maharaja sampai hari ini masih berlaku. Siapapun yang bisa menjawab sepuluh pertanyaan diatas dengan mendekati kebenaran, baik teknis maupun maknanya, logika maupun ungkapannya akan bisa menyebutkan Nama Yang Maha Tinggi, yang sejauh ini masih terlarang untuk diucapkan oleh orang yang bukan penjawab Teka-teki Kehidupan diatas. (KIT – Solo).


Actions

Information

3 responses

12 05 2007
cefe indonesia

ora susah mikir teka teki kehidupan sang maharaja
mikir golek pangan wae susah koq ditambahi mikir rojo,mending mikir anak bojo wae ben ra kapiran.

12 05 2007
cefe indonesia

CEMPE

Ini juga banyak menghasilkan kalau diniati sebagai usaha.

(Cempe = anak wedhus !! mbeek).

IKAN ASIN

PRESENTER Pemirsa, Konon pepatah mengatakan Sekali minum air sungai Mahakam, maka akan selalu kembali ke Samarinda. Sungai Mahakan yang lebar dan panjang mengalir di sepanjang Kalimantan Timur ternyata tidak hanya menjadi sarana transportasi utama tetapi ternyata juga memberi berkah penghasilan bagi penduduk di sekitarnya.

NARASI Pak Haji Muhammad Yusuf seorang pengusaha ikan asin dari Desa Muara Muntai Tenggarong menghimpun hasil tangkapan ikan nelayan di Sungai Mahakam untuk diolah menjadi ikan asin yang kini tersedia di supermarket- supermarket besar di Jakarta. Pak Haji Yusuf membeli ikan mentah dari nelayan seharga Rp 5.000 per kg diproses dan dikirim ke Jakarta dengan harga Rp 17.000 per kg.

Proses Produksi ikan asin ini sederhana saja, ikan segar diterima dari nelayan ditimbang, kemudian masuk proses pembersihan dan disiang, dari sana masuk Perendaman dalam air garam selama 1 malam, kemudian Pengeringan selama dua hari, dimasukkan karung dan dikirim ke Jakarta. Perlu waktu 4 hari untuk sampai Jakarta.

WAWANCARA Barang datang ditimbang, 1 kg 5000, setelah itu dibersihkan, digarami, lalu dkeringkan lalu dimasukan ke peti dikirim ke Jakarta. Harganya bisa mencapai 18.000 sampai 19.000 per kg. Tiap minggu 1 ton = 19 juta. Pembelinya datang dari Jakarta.

NARASI Ada lima macam ikan yang dia jual disitu, dan yang paling mahal ikan arwan. Pak Haji ini belajar mengenai ikan ini sendiri, karena dulunya ia nelayan kemudian berhasil melakukan investasi di bidang perdagangan ikan. Sebulan penjualannya mencapai hampir 300 jutaan.

Dalam usaha ini modalnya harus banyak. Dana yang besar diperlukan untuk membeli ikan dari petani. Dia pernah mengambil kredit di BRI tapi sekarang sudah lunas. Dia perlu dana sekitar 7,5 juta dan dikembalikan dalam waktu 1 tahun. sekarang sudah tidak mengkredit lagi tetapi terus menabung.

Menurut Haji Yusuf, kendala yang dihadapi adalah kekurangan modal bila sedang ramai, sedang masalah teknis sudah bisa mengatasi. Mereka tergantung dari pembayaran pelanggan, dana itu diperlukan untuk beli ikan dan upah tenaga kerja dan juga ongkos kapal. Untuk upah dan ongkos kapal saja perlu 3-4 juta per bulan.

Untuk pengembangannya mereka merencanakan membeli peralatan untuk menarik ikan ke atas. Demikian juga oven pengering.

Kunci Sukses usaha ini antara lain Kesiapan modal, untuk dipakai membeli ikan segar dari nelayan, modal diperlukan untuk kira-kira masa 1 minggu usaha. Berikutnya Menjaga mutu ikan asin supaya tidak berulat, dan yang ketiga kerja sama dengan nelayan dan pembeli.

WAWANCARA Selain harga pembelian, jujur pada petani apa lagi? Petani kadang perlu pupuk, kita belikan dulu. Harga pupuk juga terbuka. Cuma ditambah biaya transport dari Samarinda ke tempat itu. Bila harga lada naik hal itu segera diberi tahukan kepada para petani. Dengan kejujuran itu lebih banyak petani yang mau menjual. Dibanding tahun-tahun yang lalu ini sudah 75% mau menjual ke Pak H. Salman. Sudah 30 tahun kerja disitu.

NARASI Mutu ikan ditentukan oleh kesegaran ikan. Ikan yang rusak bisa berulat. Untuk itu dia menggunakan obat khusus.

Ditempat itu ada lebih dari 10 pengusaha ikan yang lain, dia termasuk yang besar dan mengirim ke Jakarta. Dia selalu mengecek harga ke Jakarta.

WORTEL – BATU MALANG

PRESENTER Pemirsa, Bagi produk pertanian, memang umumnya masalah terletak pada naik-turunnya harga. Harga akan merosot pada saat panen raya. Itulah sebabnya, kalau bisa, petani harus berusaha agar bisa menyesuaikan jadwal tanam dan panen agar memperoleh keuntungan yang lebih besar. Kita kunjungi produk pertanian kedua di Batu, Malang, yaitu wortel.

Petani wortel. Subingi, Sumadi Jl. Raya Junggo, Tulungrejo, Bumiasih, Kotif Batu, Malang telp 956042

Nasabab BRI Unit Batu 1

Petani seperti Pak Subingi dan pak Sumadi ini terutama menanam wortel dan kentang. Dia sendiri punya lokasi lebih dari 1 hektar, sebagian besar milik sendiri.

Sebetulnya biaya untuk budidaya wortel tidak terlalu tinggi karena bibit bisa membuat sendiri, dalam 1 hektar hanya perlu biaya 7 juta Rp. Hasilnya dipanen dalam waktu lima bulan, dan bila harga sedang bagus, per hektar bisa menghasilkan 20 juta Rp.

WAWANCARA Hasilnya 1 keranjang beratnya 1 kwintal 120 ribu (harga lagi baik) 1 hektar 20 juta (harga lagi bagus), dipanen dalam waktu 5 bulan.

NARASI Di daerah dingin dan subur seperti daerah Batu Malang, wortel mudah ditanam dan dipelihara. Para petani nampaknya sudah pandai bertanam wortel. Wortel yang dipanen bisa dibagi menjadi beberapa kelas mutu dan dipasarkan sesuai kelas mutu itu.

WAWANCARA Pak Subingi, Perbedaan? Wortel dibagi tiga kategori. Kategori A dan B bisa masuk ke supermarket, sedangkan C untuk pasar-pasar lokal.

12 05 2007
cefe indonesia

Ada wong ndeso ada juga gajah numpak pit kebo, pangkate gagah dikeki gawean mblirit tur bodo…….. ……… …….

meding kancil numpak panther,…. . kerja mecicil tapi pinther….. ……… ….. saingannya gajah numpak TOYOTAH… gagah seneng perintah…. ………

Biar cepet tidur “creambath” dulu aja ………… …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: