Marketing yang Efektif

26 01 2008

Apakah marketing harus diadaptasi untuk setiap negara atau daerah?
Apakah sama untuk masing-masing negara atau daerah?
Apakah prinsip-prinsip baku mengenai hal ini?

Marketing bukanlah disiplin ilmu yang kaku dan baku [seperti ilmu geometri]
Marketing juga hendaknya jangan dipraktikkan dengan cara yang sama untuk masing-masing negara atau daerah, karena setiap negara atau daerah mempunyai ekonomi, budaya dan politik yang berbeda.

Bahkan…

  • untuk satu negara pun, marketing tetap harus disesuaikan apakah untuk di praktikkan pada perusahaan consumer goods, B2B atau jasa
  • walaupun, berada dalam lingkup industri yang sama, bila menyangkut perusahaan berbeda, praktik marketing yang dilakukan akan berbeda pula

Ada prinsip-prinsip marketing tertentu yang berlaku secara umum, yaitu :

  • selalu mengacu pada pelanggan (consumer oriented), kompetitor dan distributor dalam membuat perencanaan untuk strategic marketing;
  • menerapkan segmentasi pada pasar-pasar yang ada dan memfokuskan diri pada segmen pasar yang paling menjanjikan dan prospektif, tapi haruslah yang sesuai dan tergantung dari kapasitas kemampuan dan tujuan dari perusahaan kita
  • untuk setiap target market segment, lakukan riset mengenai kebutuhan pelanggan, minat, persepsi, kesukaan dan kapasitas daya beli pelanggan.
  • raihlah kemenangan dengan cara men-deliver value yang sesuai dengan target pasar yang ada

Teori Marketing akan terus berubah, teori baru akan bermunculan dan bila terbukti memang lebih efektif dan lebih baik dari teori lama, maka kita dapat mengaplikasikannya.

Keyword : marketing efektif adalah marketing yang disesuaikan dengan keadaan atau kondisi lokal.

disadur dari marketing.co.id

Respectfully yours,

Jerri Irgo


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: