Hobbynomics-Happynomics: Ciptakan Saja Jenis Pekerjaan Yang Kamu Suka!

22 03 2008

Dengan mengeksplorasi lebih dalam segenap kemampuan, potensi dan kesenangan atau kecenderungan minat yang dimiliki diri kita masing-masing, bukan tidak mungkin, akan menghasilkan peluang usaha yang luar biasa. Setiap diri kita bisa menciptakan jenis usaha/pekerjaan yang betul-betul kita suka dan cintai. Baik itu bekerja pada orang lain (employee) maupun bekerja untuk diri sendiri (self-employee), tergantung preferensi kita dalam kuadran Kyosaki, ingin aman atau ingin bebas. Karena pada dasarnya, banyak hal yang kita suka dapat menjadi lahan pekerjaan atau penghasilan yang menyenangkan.

Selain itu, kecenderungan bisnis 2007 adalah hobbynomics dan 2008 adalah happynomics. Sebagaimana Trendwatching memberikan telaah.

Mungkin ada baiknya kita buat dulu peng-cluster-an (kelompok) besar minat/preferensi yang dapat dijadikan ide awal untuk menciptakan ide usaha atau pekerjaan yang kita suka. Hal ini demi kemudahan kita untuk memetakan berbagai minat yang di miliki.

1. Dunia Komunikasi
2. Dunia Keagamaan dan Pelayanan Umat
3. Dunia Perpolitikan
4. Dunia Rumah dan perancangannya
5. Dunia Kesehatan
6. Dunia Busana
7. Dunia Hiburan
8. Dunia Pendidikan
9. Dunia Citarasa

Mungkin 9 kategori minat ini dianggap cukup dulu. Jika ada ide usulan atau tambahan, bisa di-share bareng lewat blog ini.

Ada kemungkinan, ketika membuat turunan jenis pekerjaan yang dapat dibuat dari masing-masing kategori, terdapat persilangan kategori untuk jenis pekerjaan yang sama. Jika hal demikian yang terjadi, tidak ada penegasian, cukup mereferensi ke jenis pekerjaan yang sudah termuat di dalam kategori sebelumnya.

Mari, kita mulai membuat turunan derivasi jenis pekerjaan yang dapat kita ciptakan sendiri.

1. Dunia Komunikasi.
Dunia komunikasi merupakan dunia yang mewarnai segenap aktifitas kehidupan kita, mulai dari obrolan, berita, hingga pemikiran dan ide.

Oleh karena itu, dunia komunikasi menempati urutan awal. adapun jenis pekerjaan yang dapat kita ciptakan antara lain :

1). Penyedia jasa layanan penjawab telepon.

Deskripsi Kerja: Aktivitas ini banyak berhubungan dengan front office di sebuah perusahaan. Bagi anda yang memiliki minat atau kesenangan untuk berbicara lewat telepon dengan beragam orang dari berbagai kalangan, jenis pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Pekerjaan yang dilakukan adalah menerima dan menjawab telepon untuk keperluan bisnis atau para profesional, bisa sampai 24 jam sehari, 7 hari seminggu (termasuk hari libur jika perlu). Juga termasuk kemampuan untuk secepatnya menandai para klien atau untuk memberi informasi yang dibutuhkan oleh si penelepon. Pada banyak kasus, Sejumlah besar perusahaan umumnya masih menggunakan jasa penjawab telepon ini dibanding menggunakan penjawab otomatis.

Bisa saja Anda yang menawarkan diri untuk bekerja sebagai penjawab telepon tersebut. Tapi, mengapa Anda tidak mencoba untuk menjadi penyalur para front officer profesional ke banyak perusahaan? Seiring mulai banyak perusahaan yang mulai melakukan outsourcing terhadap sejumlah divisi kerjanya.

Waktu Kerja: Jika Anda yang bekerja sebagai tenaga jasa penjawab telepon, bisa saja Anda melakukan pekerjaan ini secara part-time atau memiliki waktu yang fleksibel, terkait shift kerja. Dan jika Anda yang memiliki usaha penyedia jasa ini, Anda bisa mengupah beberapa orang untuk membantu Anda dalam menjalankan usaha ini.

Persyaratan: Jika Anda yang bekerja, MAKA memiliki suara yang jelas dan bersih saat berbicara via telepon adalah keharusan. Dan akurat dalam memberikan informasi (semisal nama, nomor telepon) serta sistematis lengkap juga merupakan hal yang penting untuk dikuasai.

TAPI Jika Anda yang memiliki usaha, MAKA Anda harus bisa mengatur kesepakatan kontrak dengan tenaga jasa dan juga perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut.

Kompensasi :

  • Jika Anda yang bekerja: Anda bisa dibayar sesuai kesepakatan kontrak dengan perusahaan.
  • Jika Anda yang memiliki usaha: Anda bisa mengajukan bahwa sekian % dari bayaran yang diterima oleh si tenaga jasa yang anda salurkan dari perusahaan menjadi hak Anda.

2.) Konsultan Audio Visual

Deskripsi Kerja: Barangkali pekerjaan ini terdengar baru. Hal itu karena di ranah outsourcing memang belum banyak pemainnya. Pekerjaan yang dilakukan adalah memberikan advis pada sebuah bisnis terkait penggunaan wahana audio visual dalam menjual atau memasarkan produk atau jasa mereka, mengumumkan lowongan kerja atau mengirimkan sebuah pesan penting tentang bisnis mereka dengan cara-cara yang menarik.

Barangkali akan lebih mudah dipahami dengan menyebut pekerjaan ini sebagai media planner atau perencana media. Jika dulu sebagian besar perusahaan memiliki media planner sendiri, seiring dengan perkembangan tuntutan efisiensi biaya dan efektifitas promosi bisnis, menjadi konsultan media planner adalah pilihan yang bagus karena dapat menilai sebagai “orang luar” disamping pengalaman yang luas di dunia media periklanan.
Waktu Kerja: Waktu kerja Anda disesuaikan dengan kontrak yang Anda buat dengan perusahaan yang membutuhkan jasa Anda.

Persyaratan: Memiliki pengalaman yang luas dan keahlian tinggi di bidang yang relatif baru dan kompetitif ini, karena kita bicara promosi dan pemasaran.

Kompensasi: Anda dibayar sesuai kesepakatan kontrak yang Anda buat dengan pihak perusahaan.

3). Dealer Peralatan Audio Visual

Deskripsi Kerja: Menjual peralatan audio visual, biasanya dari perusahaan retail yang sudah mapan. Pekerjaan ini cocok bagi Anda yang berminat dengan peralatan audio visual. Jika anda berjalan-jalan ke pertokoan di Glodok, bisa Anda temui orang-orang yang menjadi dealer peralatan audio visual, mulai dari tv sampai speaker radio. Anda pun dapat bekerja sama dengan perusahaan jasa finansial untuk keperluan penjualan dengan kredit.

Waktu Kerja: Jika Anda yang bekerja. Waktu kerja Anda berdasarkan jam kerja yang telah disepakati dengan pemilik toko. Jika Anda yang memiliki usaha, jam kerja anda lebih fleksibel.

Persyaratan: Selain modal uang yang cukup, Anda harus memiliki pengetahuan bagaimana peralatan ini dapat digunakan.

Kompensasi: Jika Anda yang bekerja, anda dibayar berdasarkan kesepakatan dengan pemilik. Jika Anda yang memiliki usaha, kompensasi diperoleh dari keuntungan penjualan yang dilakukan, disamping bonus dari perusahaan retailnya jika bisa melebihi target.

4.) Penyedia jasa Servis dan instalasi peralatan audio visual

Deskripsi Kerja: Bagi Anda yang suka mengutak-atik peralatan audio visual, pekerjaan yang satu ini cocok untuk anda. selain menerima jasa instalasi dan perbaikan alat-alat audio visual, termasuk OHP, video rekorder, vCD/DVD player, anda juga bisa menerima jasa transfer video.

Waktu Kerja: Jika Anda bekerja di sebuah usaha servis dan instalasi peralatan audio visual, maka waktu kerja Anda mengikuti kesepakatan dengan pemilik. Dan jika Anda seorang penyedia jasa independen, maka Anda bisa mengatur waktu jam kerja sesuka Anda.

Persyaratan: Memiliki pengetahuan bagaimana menginstalasi dan memperbaiki peralatan-peralatan ini. Anda bisa memperoleh keahlian dan pengalaman ini, baik dengan cara bekerja terlebih dulu di pabrik pembuat peralatan ini maupun bekerja di sebuah usaha servis dan instalasi milik orang lain.

Kompensasi: Jika Anda bekerja pada usaha milik orang lain, maka Anda dibayar berdasarkan kesepakatan Anda dengan pemilik. Dan jika Anda bekerja secara independen, maka Anda bisa melakukan negosiasi langsung dengan orang yang membutuhkan jasa Anda.

5.) Agen Persewaan Peralatan Audio Visual

Deskripsi: Menyewakan atau me-leasing peralatan audio visual kepada orang, perusahaan atau organisasi lain yang sedang mengadakan event seperti pernikahan, seminar, panggung hiburan, dll. umumnya, dikarenakan harga peralatan audio visual yang relatif mahal untuk dibeli, sedangkan penggunaannya hanya sesekali, menjadikan sewa alat audio visual sebagai pilihan terbaik. mulai dari sound system, OHP, hingga LCD. pekerjaan ini meskipun umumnya dilakukan di tingkat retail, tapi bisa juga dijalankan dari rumah.

Waktu Kerja: Jika bekerja di salah satu usaha retail, anda mungkin bekerja sesuai jam kerja. tapi jika menjalankannya dari rumah, Anda bisa memiliki waktu yang sangat fleksibel dalam bekerja, meskipun anda harus mengatur betul jadwal mengantar dan mengambil kembali peralatan yang disewakan tersebut dari klien.

Persyaratan: Mampu memasarkan jasa anda pada ceruk pasar yang tepat dikarenakan tingkat persaingannya yang tinggi. Memiliki relasi dengan berbagai perusahaan dan organisasi yang mungkin sekali membutuhkan peralatan audiovisual Anda tapi tidak menghendaki memiliki tanggungan beban peralatan audio visual pada laporan keuangannya. Dan tentunya, anda membutuhkan modal kerja untuk membeli dan merawat peralatan audio visual dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan sewa.

Kompensasi: Pendapatan Anda didapat dari hasil menyewakan peralatan Anda. Ada baiknya memeriksa betul persaingan jenis usaha ini di wilayah target pemasaran Anda sebelum menentukan harga sewa alat. dan jika Anda yang mengantarkan dan menjemput peralatannya, anda bisa mengenakan biaya antar-jemput alat.

6.) Pengarang/ Penulis Buku

Deskripsi: Merupakan pekerjaan yang paling bisa dilakukan banyak orang yang sudah mengenal baca dan tulis. dan merupakan gudangnya pengetahuan. Anda bisa membuat/ menulis buku dengan kategori fiksi maupun non-fiksi sesuai kecenderungan dan minat. sebutlah pengarang miliarder seperti J.K Rowlins yang terkenal dengan Harry Potternya, Stephen Covey dengan 8th habitnya, atau seperti Faudhil Adhim yang terkenal dengan trilogi indahnya pernikahan dini , Andrea Hirata dengan tetralogi Laskar Pelangi-nya, dan masih banyak lagi.

Waktu Kerja: Sangat fleksibel, mengingat sebuah buku yang bermutu untuk dibaca orang merupakan hasil pencarian dan pendalaman materi-materi yang menjadi bahan tulisannya.

Persyaratan: Memiliki keunikan tersendiri dalam menulis buku. bisa berupa topiknya yang sedang populer, tingginya nilai informasi dan pengetahuan yang dikandungnya, gaya bahasa penulisan maupun kuatnya kesan terhadap karakter-karakter yang disebutkan di dalam karangan buku tersebut.

Kompensasi: Sebagai penulis buku, umumnya Anda akan menerima royalti penjualan dari penerbit sebagai hak Anda atas karya intelektual Anda. semakin banyak buku Anda di beli orang, tentu semakin besar royalti yang anda dapatkan. disamping dapat mengantarkan anda pada peluang lainnya seperti menjadi pembicara dalam seminar, menjadi konsultan sebuah perusahaan (bagi buku-buku laris yang berkaitan dengan bisnis).

7.) Agensi/ Manajer Pengarang

Deskripsi: Setiap penulis atau pengarang buku tentu tidak bisa sendiri mengantarkan karyanya kepada penerbit buku ataupun produser film karena sebagian besar waktunya telah habis untuk menulis. untuk itu, peran seorang manajer bagi penulis amat diperlukan guna mengajukan karya anda kepada penerbit ataupun produser, mengurusi kontrak perjanjian yang berhubungan dengan karya Anda maupun diri anda sebagai penulis, mengatur perjanjian untuk acara seperti seminar dan lainnya.

Waktu Kerja: Seorang agensi/ manajer bagi penulis buku boleh dibilang menjadi pelaku bisnis bagi dirinya, dalam arti seperti seorang manajer pencari bakat yang melihat potensi yang dimiliki seseorang dalam menulis. sehingga, waktu kerjanya dapat diatur sendiri sedemikian rupa. Namun, sebagai agensi/ manajer, anda harus selalu siap waktu untuk bertemu dengan produser atau penerbit.

Persyaratan: Sangat penting untuk mengenal orang-orang di industri penerbitan, film dan pertelevisian dan mengetahui saat ini mereka sedang tertarik atau berminat dengan topik apa untuk di angkat saat ini. selain itu, menjaga komunikasi secara konstan dengan berbagai pihak di masing-masing industri tersebut amatlah penting. Dan yang namanya agen pencari bakat, Anda setidaknya memiliki kepekaan terhadap hal-hal yang baru ataupun sedang populer saat ini, karena agensi/ manajer yang sukses adalah bilamana mereka memiliki penulis-penulis yang mencapai tangga kesuksesan secara stabil yang dapat menghasilkan banyak uang bagi Anda selaku manajernya.

Kompensasi: Sebagai agen, Anda memperoleh kompensasi dari persentase keuntungan yang didapat dari penjualan buku yang dihasilkan oleh penulis/ pengarang yang ditanganinya. dan jika beruntung, sebaga agensi, anda juga bisa mendapat persentase keuntungan bilamana anda sukses menjadikan karya si penulis diangkat menjadi film dan penjualan atribut lainnya.

8.) Penjilidan Buku

Deskripsi: Pada umumnya, pekerjaan penjilid buku ini terintegrasi dengan usaha fotokopi dan penerbitan. tapi, tidak menutup kemungkinan untuk membuat sebuah pekerjaan spesifik penjilidan buku yang menawarkan keunikan tersendiri, mengingat tren outsourcing ada kemungkinan besar akan merambah ke sektor bisnis penerbitan dan percetakan. peluang besar terbuka di hadapan Anda, karena di samping dijalankan dari sebuah toko, usaha penjilidan buku ini bisa anda lakukan di rumah.

Waktu Kerja: jika Anda bekerja di perusahaan penerbitan atau percetakan, maka waktu kerja anda tentu mengikuti jam kerja yang sudah dibuat. tapi jika Anda bekerja di rumah, anda perlu bersiap-siap menerima tumpukan order penjilidan yang dapat memenuhi isi rumah Anda.

Persyaratan: Anda sebaiknya memiliki peralatan dan kemampuan untuk menjilid buku. Untuk memperdalam pengetahuan anda seluk-beluk mengenai penjilidan, anda bisa bertanya atau belajar langsung pada orang-orang yang bekerja di percetakan, fotokopi maupun penerbitan.

Kompensasi: normalnya, anda mendapat kompensasi dari jasa anda menjilid buku. sebaiknya anda memeriksa tingkat persaingan di wilayah sekitar target anda sebelum mengajukan harga. namun, pada umumnya, bila di usaha fotokopian, harga penjilidan buku di dasarkan pada spesifikasi penjilidan yang dikehendaki, bila hanya kertas biasa dan pakai lakban, tentu sangat murah, tapi jika dijilid soft cover atau hard cover, harganya bisa cukup tinggi. hal ini bisa dilihat dari harga penjilidan sebuah skripsi, tesis, disertasi mahasiswa yang lumayan mahal.

9.) Agen Penjual buku bekas dan langka

Deskripsi: Sesuai dengan namanya, pekerjaan yang anda lakukan adalah menjual buku-buku bekas dan langka kepada orang-orang yang memiliki minat khusus terhadap buku-buku tersebut. Anda bisa memperoleh buku-buku tersebut dari event-event bazaar buku atau dari toko buku dan catalog buku.

Waktu Kerja: Jika Anda bekerja di toko buku bekas dan langka, maka waktu kerja anda mengikuti jadwal kerja yang sudah dibuat. tapi jika bekerja secara independen, Anda bisa menjualnya melalui garage sale, bazaar buku kampus, dll.

Persyaratan: memiliki informasi buku bekas dan langka yang dicari oleh penggemarnya. Anda bisa mencarinya di acara bazaar buku atau toko buku bekas lainnya yang menyediakan buku yang dibutuhkan penggemarnya. dan karena berkaitan dengan buku bekas dan langka, setidaknya anda memiliki minat atau hobi yang mendalam terkait mengkoleksi buku-buku bekas dan langka tersebut.

Kompensasi: pendapatan Anda didapat dari keuntungan penjualan buku-buku bekas dan langka tersebut. mungkin harga buku bekas tidak semahal buku baru, tapi jika buku bekas itu sudah demikian langka tapi masih dicari orang untuk dikoleksi, anda berkesempatan menjualnya dengan harga yang tinggi.

Itu dulu sebagai pengantar ke Hobbynomics dan Happynomics… sekali lagi hanya pengantar saja.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: