Layanan

Kursus Kewirausahaan

  • Kursus Entrepreneurship bagi Wirausaha potensial, pemula, mikro, kecil dan menengah:

    Kursus Pembentukan Usaha Baru (NBC)

    Merupakan program kursus wirausaha 5-20 hari yang bertujuan untuk membentuk kompetensi-kompetensi, mengidentidikasi, menyaring dan menyeleksi ide usaha, menyiapkan rencana usaha dan mempresentasikannya kepada para bankir.

    Kursus Pengembangan Usaha (BIC)

    Merupakan program kursus 5 sampai 10 hari yang bertujuan memberikan bimbingan kepada pengusaha pemula atau yang sedang berjalan dalam mendiagnosis/menganalisis kegiatan usaha, mengenerate solusi serta alternatif-alternatif pemecahan masalah, menyaring dan menyeleksi alternatif terbaik, dan menyiapkan rencana aksi bisnis.

    Kursus Restrukturisasi dan Pengembangan Competitiveness Bisnis (BRACE)

    Program BRACE adalah program pengembangan kewirausahaan  yang akan meningkatkan kompetensi dari sebuah usaha kecil/menengah  (yang sedang berada dalam situasi krisis seperti ketidakmampuan membayar kredit, kurangnya likuiditas, sales yang turun drastis, kerugian, stok inventori yang besar, produksi yang high cost), dalam mengidentifikasi dan mendiagnosis penyebab-penyebab masalah, mengenerate dan menyeleksi solusi-solusi serta tindakan-tindakan alternatif , dan mengembangkan sebuah rencana restrukturisasi bisnis yang komprehensif.

    Kursus Menejemen Bisnis (BMC)

    Merupakan kursus ringkas (3 sampai 5 hari) yang bertujuan untuk mengenmbangkan pengetahuan dan skill dalam empat fungsi bisnis yaitu marketing, produksi/technical, organisasi dan manajemen, serta keuangan.

  • Kursus Kewirausahaan di Sektor Pertanian (Agribusiness)

    Kursus Entrepreneurship Dasar bagi Petani

    Program ini dikenal sebagai Entre-Farm, Entre Fish (untuk perikanan). Program ini utamanya untuk mengembangkan kapasitas kewirausahaan (entrepreneurial capabilities) dari petani dalam rangka agar mereka dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian, memperbaiki linkage baik vertikal maupun horisontal dari agribisnis serta memproduksi pertanian yang berbasis pasar, termasuk diversifikasi komoditas dan/atau nilai tambah pengolahan (demand led crop diversification).

    Kursus Entrepreneurship Lanjut bagi Petani

    This program is to primarily develop farmers in competencies/skills in farm management particularly in diagnosing farm business performance, market aspects in farm business, budgeting, negotiation with buyers and suppliers and sustainable farming practices.

    Basic Entrepreneurship Course for Cooperatives

    Program ini untuk mengembangkan utamanya pimpinan-pimpinan kelompok usaha tani dan/atau pengurus koperasi pertanian agar lebih profitabel dan kompetitif, sebagai manajer para petani yang memiliki kapasitas entrepreneurial.

  • Kursus Entrepreneurship di Sektor Pendidikan

    Kursus Entrepreneurship bagi Pendidik

    Sektor pendidikan adalah salah satu pilar dalam perekonomian nasional. Pendidik/guru/dosen memainkan peran kunci dalam pembangunan budaya dan perilaku kewirausahaan (enterprising behavior) dari subyek didik dan komunitas. Apabila kita ingin membangun masyarakat wirausaha (enterprising society), dunia pendidikan/akademik seharusnya menyemai serta mempromosikan entrepreneurship mulai dari tingkat pendidikan dasar (primary), menengah dan atas.

  • Kursus Pengembangan Kapasitas Kelembagaan

    Training of Trainers on the CEFE Approach (TOT)

    Kursus ini untuk menyeleksi peserta yaitu pelatih agar mengerti dan dapat mengimplementasi pendekatan yang unik yang telah dikembangkan oleh Deutsche Gesellschaft fur Technische Zusammenarbeit (GTZ) sebagaimana telah secara efektif dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari wirausaha yang ada di lebih dari 75 negara di dunia. Pendekatan ini dikenal sebagai Competency Based Economies through the Formation of Entrepreneurs (CEFE).

    Coaching (OJT)

    Ini merupakan kegiatan tindak lanjut lima minggu pasca Training of Trainers melalui pemberian bimbingan dari pelatih CEFE senior yang bertindak sebagai coach bagi trainer baru yang telah dilatih TOT.

    Kursus Konseling Usaha Kecil (SBCC)

    Kursus  Konseling Usaha Kecil adalah program dua minggu bag konsultan/konselor UKM untuk mengembangkan dan memperkuat kompetensi mereka dalam mendiagnosis masalah-masalah, baik yang potensial maupun yang telah ada dihadapi oleh UKM dan mengembangkan strategi-strategi yang tepat untuk mengatasinya.

    Kursus Pengembangan Usaha Kecil (SEDC)

    Merupakan program 5 sampai 10 hari bagi pekerja extension untuk memperkuat/meningkatkan kapabilitas mereka dalam memberikan bantuan/bimbingan bagi UKM terutama dalam mengembangkan mengenerate ide usaha dan identifikasinya, menyaring dan menyeleksi ide-ide proyek usaha, pembuatan rencana usaha serta layanan konseling/advisory usaha.

    Business Management System (BMS) Course

    Kursus Sistem Manajemen Usaha (BMS) dimaksudkan agar perusahaan mendapatkan konseling yang terutama berorientasi pada ekspor dan pertumbuhan dalam menganalisis kinerja bisnis melalui penggunaan Business Management Grid (BMG) yang dikembangkan oleh Dr Osman Atac di Association of Training Institutions for Foreign Trade in Asia and the Pacific (ATIFTAP). BMG merupakan sebuah model yang memberikan kerangka kerja umum bagi kesuksesan dari setiap bisnis dan menjadikan pemilik perusahaan dan para manajer mendefinisikan masalah-masalah dengan meletakkan bagaimana seharusnya bisnus mereka diletakkan/dilakukan.

    Pembelajaran Multi Dimensional dan Desain Latihan Pembelajaran Terstruktur (SLE) serta Program Pengembangan

    Program kursus enam hari yang dimaksudkan agar para pelatih/trainer yang menginginkan mendapatkan atau mengembangkan kompetensi dalam prinsip-prinsip dan aplikasi pembelajaran multi dimensional terutama dalam mendesain dan memfasilitasi pelatihan pendekatan Latihan Pembelajaran Terstruktur yang baru.

    Facilitators Training Program on CEFE Tools/Kits

    Merupakan pelatihan tiga sampai lima hari yang ditujukan bagi pelatih-pelatih kewirausahaan atau pengembangan usaha yang ingin meningkatkan kompetensi mereka dalam memberikan kursus kewirausahaan menggunakan tool-tool (toolkit) dari CEFE.

    Note: link lebih detil mengenai program dijelaskan di website CEFE Filipina

One response

7 03 2010
Sandiyo

Sy tertarik dg istilah Bapak tentang Tujuh Penyakit Saya ingin mempelajari lebih jauh supaya tdk terserang penyakit itu.tapi kesempatan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: